Sunday, March 30, 2014

DAPUR

Dalam kamus Webster’s Third Internaational Dictionary,  “Kitchen is a room or other space (as a wall area or special building) with facilities for cooking”. Dengan singkat dapat diartikan bahwa sebuah dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan. Ruangan khusus artinya bahwa ruangan yang mempunyai ciri-ciri berbeda dengan ruangan lain. Ciri tersebut adalah:


  1.   Ruangan dapur terpisah dari ruangan yang lain dan tidak berhubungan dengan alam bebas. Memiliki syarat antara lain:  Ruangan yang dekat dengan dapur adalah gudang tempat penyimpanan atau restoran supaya efisiensi waktu dan tenaga dapat diterapkan. Perlu dipasang kawat kasa pada pintu atau jendela dapur supaya serangga tidak mudah masuk. Sebaiknya, pintu dapur dapat secara otomatis tertutup sesaat setelah dibuka. Ventilasi udara masuk dan keluar harus ada di dalam sebuah dapur demi terciptanya udara dalam dapur yang bersih dan sehat.
  2. Lantai dapur dibuat dari bahan yang kedap air dan tidak licin. Lantai yang kedap air dapat menimbulkan genangan air sehingga lantai menjadi becek. lantai yang becek adalah tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Lantai licin memengaruhi keselamatan seseorang yang bekerja di dapur.
  3.  Tembok dapur dilapisi dengan bahan yang kedap air dan mudah dibersihkan, dipasang mulai dari lantai sampai ke plafon. Dengan bahan tersebut tembok tidak menyerap air termasuk air kotor dan juga selalu dapat dibersihkan. Warna tembok sebaiknya dipilih warna yang cerah
  4. Plafon dapur dibuat datar dengan warna cerah. Plafon yang datar lebih mudah dibersihkan daripada plafon yang banyak lekukan dan banyak variasi. 
  5. Dapur memiliki penerangan yang cukup dan mampu menerangi sampai ke segala sudut. Apabila sumber penerangan berasal dari lampu penerang, maka lampu penerang ini tidak menimbulkan bayang-bayang. Dengan penerangan yang cukup, karyawan dapur dapat melihat dengan jelas dan sehat.
 Bagian-bagian dapur sebagai tempat mengolah makanan perlu dirancang seperti diatas untuk dapat menjaga dapur tetap bersih dan aman. Dengan demikian, dapur dapat berfungsi dengan baik, memproduksi makanan yang sehat, bersih dan aman untuk dimakan atau disajikan kepada pelanggan.












No comments :

Post a Comment